Tuesday, February 23, 2021

REVIEW DRAMA KOREA MISAENG ; MENGATASI "DRAMA" DI DUNIA KERJA

 


Saya menemukan Misaeng dari hasil googling "drama korea keren sepanjang masa" dan hasil pencarian google terbukti benar. Meskipun diawal saya sempat meragukan drama ini tapi penasaran juga karna sempat melihat ratingnya yang lumayan tinggi. Saya pribadi sangat menikmati episode demi episode drakor Misaeng ini yang arti dalam bahasa Inggrisnya adalah Incomplete life. Drama tahun 2014 yang dibintangi oleh Im Si Wan, Kang So ra, Kang Ha Neul, Byun Yo Han, Lee Sung Min, Kim Dae Myung dan Park Hae Joon ini membuat jantung berdegap dengan cara yang tidak biasa, bukan karna percintaan atau balas dendam tapi bagaimana 4 pekerja newbi ini beradaptasi dengan lingkungan kerja, dengan pimpinan mereka dan dengan rekan kerja yang senior. 
Lingkungan kerja menjadi seperti rumah kedua menurut saya dan beradaptasi dengan lingkungan kerja baru membutuhkan effort khusus. Dalam drakor Misaeng, lingkungan kerja digambarkan dengan lumayan "serem" menurut saya karena ada satu lead manager yang lumayan galak dan mengerikan 😅 Gak heran kalau Kang He Neul berusaha mencari tempat kerja yang baru secara diam  - diam. 
Namun yang paling saya suka adalah bagaimana manager Oh Sang Shik memainkan perannya dengan sangat ciamik, bagaimana dia menjadi seorang pemimpin yang hangat namun tegas dan mampu berpikir 5 langkah kedepan. Cara Oh Sag Shik mencari solusi, berdiskusi, mencapai target, memberikan semangat kepada tim nya dan yang paling mantab adalah ketika sang manager mengaplikasikan ide dari si junior dalam mencari project baru. Sungguh type pemimpin yang luar biasa yang berani mengambil resiko di saat tim mereka menghadapi keadaan genting. 
Acting Byun Yo Han sebagai Han Seok Yool juga sangat memikat dan asik untuk disaksikan karna dia mampu membuat suasana tempat kerja menjadi lebih cair dengan gaya bicaranya, gesturenya dan cara dia menimpali senior yang sering menjatuhkannya, meskipun di awal saya pikir karakter Han Seok Yool agak mengganggu dan sok tau. 
Drakor Misaeng juga menggambarkan dengan detail bagaimana membangun hubungan dengan rekan kerja senior dan keempat newbi tersebut sering kali dilecehkan bahkan dianggap tidak mampu bekerja pedahal mereka adalah pilihan dari banyaknya pelamar kerja lain. Situasi ini sanggup membuat penonton seperti saya terusik emosinya 😅. Bagaimana tidak, ketika salah satu manager menoyor kepala salah satu newbi tersebut. Apakah hal tersebut biasa saja di dunia kerja Korea? pikir saya. Namun memang tidak ada yang luput dari kritikan sang senior dari keempat junior ini namun disitu lah sebenarnya moment dimana junior jadi belajar banyak mengenai dunia kerja sehingga membuat mereka kaya pengalaman dan mengerti strategi yang sesuai dengan bidang mereka masing - masing.
Drama ini cocok untuk pecinta drakor yang mencari banyak value - value dalam dunia kerja dan tidak membosankan, menarik untuk ditonton di sela - sela work from home meskipun settingnya hanya dalam kantor namun tidak membosankan karena konflik di dalam kantor tersebut lebih menarik untuk diikuti.
Selamat menyaksikan dan semoga sesuai denga review saya.
Terima kasih

Jakarta, 24 Februari 2021



*gambar diambil dari google

No comments:

Post a Comment